728x90 AdSpace

Latest News

Kamis, 10 April 2014

Oleh-Oleh Khas Kota Semarang



 Tempat Wisata di Kota Semarang sangat beragam, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata bahari dan juga wisata belanja dan kuliner. Untuk itu sayang jika salah satu kota tujuan wisata di Indonesia ini terlewatkan. Walapun suhu udara yang lumayan panas karena terletak di pantai utara Jawa tak akan menyurutkan kita untuk menjelajahi wilayah Semarang dan sekitarnya.
 OLeh-OLeh Khas Kota Semarang - Apa jadinya berlibur ke Semarang, tanpa membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah atau orang terdekat Anda. Pastikan Anda membawa buah tangan yang sempurna, sepulang liburan dari Semarang.

Harus diakui kalau kuliner menjadi salah satu andalan wisata di Semarang. Tidaklah mengherankan, kalau oleh-oleh yang paling top dari Ibukota Jawa Tengah ini adalah aneka makanan dan camilannya.

Ada aneka jenis makanan khas Semarang. Namun, Admin memilihkan 4 makanan ringan untuk Anda yang praktis dan mudah dibawa pulang. Soal rasa, sudah pasti lezat!

1. Lumpia

Makanan yang paling identik dengan Semarang adalah Lumpia. Aslinya inilah makanan peranakan yang sudah akrab dengan lidah Indonesia. Loenpia, begitulah nama lain camilan lezat ini.

Di berbagai sudut Kota Semarang, wisatawan bisa dengan mudah menemukan toko atau lapak penjual lumpia. Simpang Lima adalah tempat favorit untuk mencari lumpia, begitu juga di Jl Padanaran.

Harga lumpia bervariasi mulai dari Rp 6.000-10.000, tergantung lokasi dan penjual. Beberapa yang favorit misalnya Lumpia Gang Lombok dan Lumpia Mbak Lien di Jl Pemuda, Semarang


http://putraagungtourtravel.blogspot.com/2013/06/travel-surabaya-semarang-pp.html
2. Bandeng Presto

Bandeng presto sebenarnya bukan asli Semarang. Banyak daerah yang memiliki makanan bandeng presto. Namun, bandeng presto Semarang harus Anda coba.

Meluncur saja ke Jalan Pandanaran, pusat oleh-oleh di Kota Semarang. Anda dengan mudah menemukan toko-toko yang menjual bandeng presto, salah satunya adalah Bandeng Juwana Elrina. Saat berkunjung ke tempat ini beberapa waktu lalu, Admin bisa menemukan bandeng presto dengan aneka rasa dan pilihan.

Bandeng presto ini dikemas berdasarkan ukuran ikannya, kecil, sedang atau besar. Harganya per kemasan pun bervariasi ada yang Rp 64.000/kg untuk bandeng kecil isi 5-6 ekor. Rp 67.500/kg untuk bandeng sedang isi 4 ekor dan Rp 71.000/kg untuk bandeng besar isi 3 ekor.

Selain Bandeng Juwana juga ada otak-otak bandeng, bandeng dalam sangkar alias goreng tepung keremes dan bandeng rasa teriyaki. Harganya tentu lebih mahal. 

3. Tahu Bakso

Kalau yang ini adalah oleh-oleh Semarang, namun tidak berada di tengah kota. Tahu Bakso justru banyak dijual di Ungaran. Tahu bakso adalah panganan ringan berupa tahu yang bagian tengahnya adalah adonan bakso
Tahu bakso mulai dikenal sejak awal tahun 2000-an dan perlahan-lahan semakin naik daun, menjadi oleh-oleh Semarang yang paling banyak dicari wisatawan. Salah satu yang terkenal adalah Tahu Baxo Ibu Pudji di Jl Jend Sudirman No 156 Langensari, Ungaran.

Saat Admin berkunjung beberapa waktu lalu, makin banyak saja wisatawan yang memborong tahu kotak-kotak nan lezat ini. Tahu Baxo dijual dalam kemasan kotak berisi 10 tahu bakso. Ada dua jenis tahu bakso yaitu versi rebus dan goreng. 1 Kotak Tahu Baxo rebus isi 10 dijual Rp 20.000 dan 1 kotak Tahu Baxo goreng isi 10 dijual Rp 22.000.

4. Wingko Babat

Sekarang, kita kembali ke tengah Kota Semarang untuk berburu oleh-oleh wingko babat. Camilan kecil berbahan kelapa nan legit. Ada banyak penjual wingko babat dengan aneka merk. Namun jika ingin praktis, balik saja lagi ke Jl Pandanaran, Semarang.

Di kawasan belanja oleh-oleh ini, mudah sekali menemukan wingko babat untuk dijadikan buah tangan. Yang menjadi favorit wisatawan adalan Wingko Babat Dyriana.

Wingko Babat Dyriana dijual perdus atau besek berisi 20 wingko. Yang asli adalah wingko babat rasa kelapa. Namun Dyriana memiliki aneka rasa lain yaitu rasa nangka, coklat, durian, aren, coklat chip, dan pisang.

Baca juga tips: Kemudahan Menggunakan Biro Perjalanan Dan Cara Pesan Travel Surabaya-Semarang
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

  1. Otak-Otak Bandeng " YUANA FOODS"
    Enak & Lezat....

    Dari Daging Bandeng Pilihan yang berKwalitas
    "TANPA BAHAN PENGAWET"Dibuat melalui mesin presto modern dgn racikan bumbu khas "YUANAFOODS" menjadikan Otak-otak Bandeng "YUANAFOODS" semakin Sedap, Nikmat & bisa dikonsumsi tanpa harus ada yg dibuang.
    Disukai oleh Anak-anak & cocok utk Hidangan Harian Keluarga.
    Pengemasan yg Higenis dgn Mesin Vaccum Pack Modern hampa udara shg Otak-otak Bandeng "YUANAFOODS" bisa bertahan diluar Kulkas hingga 2 minggu.
    Duz kemasan yg Elegant & Exclusive pas utk Oleh-oleh.
    Harga Murah & Terjangkau : 1 Kg isi 3-4 ekor hanya 98rb
    Melayani Pesanan & Kiriman Dalam maupun Luar Kota
    Ready Stock !!


    Hubungi segera

    "YUANA FOODS"

    * 08 222 592 6789 *

    BalasHapus

Item Reviewed: Oleh-Oleh Khas Kota Semarang Rating: 5 Reviewed By: Heru Atmadja
Scroll to Top