728x90 AdSpace

Latest News

Sunday, April 13, 2014

Oleh-Oleh Khas Kota Madiun

  Kota Madiun adalah salah satu kota madya di provinsi Jawa Timur. Berbatasan hampir seluruhnya dengan kabupaten Madiun dan kabupaten Magetan di sebelah barat daya kota ini menjadi ibu kota dari Karesidenan Madiun yang terdiri dari kota Magetan, Pacitan, Bojonegoro dan Madiun itu sendiri. Kota ini terletak 114 km sebelah timur kota Surakarta dan 169 km sebelah barat kota Surabaya.

  Membicarakan Kota Madiun tidaklah puas rasanya jika tidak membicarakan dua icon kuliner spesial khas kota Madiun. Yaitu sambal pecel dan brem. Khusus untuk sambal pecel Madiun, sambal pecel ini sudah sangat terkenal akan kelezatan dan aromanya yang membedakan dengan sambal pecel kota-kota lain. Sedangkan brem merupakan makanan tradisional populer yang terbuat dari sari tape ketan murni yang sangat baik untuk menjaga kecantikan kulit. Makanan ini sudah demikian berkembang sehingga dapat ditemui dengan mudah berbagai jenis brem dengan cita-rasa yang bervariasi namun tetap lezat di lidah.
berikut Oleh-Oleh Khas Kota Madiun yang dapat anda peroleh jika berkunjung ke kota madiun:

Batik Seger Arum 
Batik suatu karya seni yang mengandung filosofi dan menggunakan malam batik sebagai zat perintang warna dan batik juga merupakan salah satu bentuk ekspresi kesenian tradisional dari kreativitas individual dan kolektivitas manusia-manusia Indonesia dan proses perkembangannya ditempa melalui kristalisasi pengalaman, yang pada akhirnya membentuk identitas kepribadian. Tumbuh dan berkembang di Indonesia sebagai manifestasi kekayaan budaya daerah-daerah.
Sebagai kesenian tradisional yang tumbuh dan berkembang di Indonesia, sudah secara otomatis pula, batik indonesia menjadi kesenian tradisional milik Indonesia pula.
Untuk melestarikan seni budaya batik di Kota Madiun dengan segala bentuk tradisi, hasil bumi dan kejayaan yang pernah ada di Kota Madiun maka terciptalah suatu gagasan seni batik tulis khas Kota Madiun diberi nama Bhatik Seger Arum.
Ada dua unsur terciptanya Batik Khas Kota Madiun :
1.    Seger: diambil dari hasil bumi Kota Madiun yang pada saat itu bisa dibanggakan yaitu Jeruk Nambangan yang pada saat ini menemui kesulitan untuk dilestarikan lewat pertanian karena sempitnya lahan pertanian yang ada dan kurang minatnya masyarakat untuk membudidayakannya. Agar untuk bisa dikenal selain dipersembahkan lewat pertanian juga dipersembahkan lewat seni batik karena Jeruk Nambangan selain manis juga seger rasanya untuk melepas dahaga.
2.   ArumMadiun merupakan suatu wilayah yang dirintis oleh Ki Panembahan Ronggo Jumenoatau biasa disebut Ki Ageng Ronggo memiliki sebilah keris yang sangat sakti bernama keris Tundhung Medhiun yang selalu dililit bunga melati rinonce dengan menyebarkan bau harum semerbak sehingga yang membawa akan selalu mempunyai kewibawaan yang tinggi dengan demikian melati dan keris akan selalu berdampingan yang akan membawa Kota Madiun menjadi harum ( Arum ).

  * Nasi Pecel (sambel pecel)
Siapa yang tidak kenal dengan Pecel. Makanan ini sudah ada di beberapa kota di luar Madiun. Dan di kota Madiun banyak di temui di banyak depot ataupun warung yang menjual nasi pecel. Kita juga bisa mendapatkan sambal pecel kering di banyak pusat oleh-oleh khas Kota Madiun. Dengan banyak sayur mayur yang digunakan, nasi pecel Madiun termasuk dalam makanan sehat yang kaya akan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita. Jadi jangan ragu lagi untuk mencoba kelezatan Nasi Pecel Madiun atau Sambel Pecel Madiun untuk dipadukan dengan makanan lain ataupun untuk oleh-oleh kerabat Anda.

* Brem
Brem juga merupakan makanan khas Kota Madiun. Makanan hasil fermentasi ini mempunyai cita rasa yang khas saat di makan. Ada sensasi rasa dingin di lidah saat makan Brem ini. Tidak hanya diminati sebagai oleh-oleh, masyarakat di Kota Madiun juga menggemari makanan ini sebagai camilan. Harganya pun sangat terjangkau. Dan saat ini Brem tidak hanya memiliki satu rasa tetapi udah banyak di kembangkan menjadi beraneka ragam. Dengan mudah kita bisa mendapatkan Brem di Pusat oleh-oleh yang ada di Kota Madiun. Di kota luar Madiun pun terkadang kita juga masih bisa menjumpai camilan khas ini.

* Madu Mongso
Madumongso adalah camilan khas yang dibuat dari ketan hitam. camilan dengan rasa yang manis ini hampir tidak pernah tertinggal untuk suguhan dalam sebuah hajatan masyarakat Kota Madiun. Camilan yang dibungkus dengan bentuk lonjong ataupun bulat dengan kertas warna-warni ini sangat banyak di minati oleh banyak kalangan dari yang anak-anak sampai orang tua. Harganya juga sangat terjangkau. Kita dapat menjumpai camilan khas ini di pasar-pasar tradisional ataupun dipusat Oleh-Oleh Khas Kota Madiun.

* Kripik Tempe
Salah  satu makanan khas Kota Madiun adalah Kripik Tempe. Makanan ini sudah di buat turun menurun sejak puluhan tahun lalu. Dan siapa sangka makanan tradisional ini masih ada hingga sekarang, produsennya pun sudah menyaber ke berbagai daerah dan cita rasanya pun sudah beraneka ragam disesuaikan dengan perkembangan zaman saat ini. Kripik Tempe dapat kita dapatkan di berbagai toko oleh-oleh di Madiun ataupun di luar kota Madiun.

* Krupuk Puli
Makanan khas yang satu ini cocok untuk camilan ataupun lauk. Apalagi untuk lauk nasi pecel, pasti lebih nikmat. Krupuk yang berbahan dasar tepung beras ini sangat reyah jika tepat cara membuat dan menggorennya.


Bagi anda yang sedang berlibur dan merencanakan liburan dengan mengunjungi Tempat Wisata di Kota Madiun  dan Sudah bawa Oleh-Oleh Khas Kota Madiun, tidak ada salahnya mencoba merasakan liburan wisata seperti Tempat Wisata Kota SurabayaTempat Wisata Kota SoloTempat Wisata Kota YogyakartaTempat Wisata Kota Semarang,Tempat Wisata Kota Salatiga,Tempat Wirsata Kota Malang Dan Batu yang tak kalah menarik, semoga suasana wisata anda sangat menyenangkan.
baca juga tips: Kemudahan Menggunakan Biro Perjalanan
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 comments:

Item Reviewed: Oleh-Oleh Khas Kota Madiun Rating: 5 Reviewed By: Heru Atmadja
Scroll to Top