Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Goa Pindul Obyek Wisata Kabupaten Gunung Kidul


Gua Pindul. Berlokasi di dusun Gelaan. desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo, kabupaten Gunungkidul, provinsi Yogyakarta. Karena dasar gua ini berupa sungai maka tidak mungkin anda menyusuri dengan jalan kaki, kecuali punya cukup nyali untuk berenang.Inilah istimewanya, anda harus menaiki ban karet untuk menyusuri gua. Di dalam gua pasti akan anda temukan banyak hal baru yang tidak ada bandingannya dengan gua biasa. Wisata menyusuri gua menggunakan ban karet ini dikenal dengan sebutan cave tubing. National Geographic juga pernah meliput keindahan berwisata di Gua Pindul.
 Gua Pindul dibuka secara resmi untuk umum pertama kali pada tahun 2010.
Keajaiban alam ini sudah menarik perhatian puluhan ribu wisatawan sejak tahun 2010, baik domestik ataupun mancanegara. Di tahun pertama tercatat hanya ada 120 wisatawan saja. Tahun 2011 tercatat 18.000 pelancong. Dan tahun 2012 tercatat 40 ribuan lebih pengunjung.

Gua Pindul termasuk ke dalam golongan “gua basah” dimana jenis gua ini berbeda dengan kebanyakan gua di Indonesia yang rata-rata bertipe “gua kering”. Di dalam Gua Pindul terdapat aliran sungai yang mengalir mulai dari mulut gua hingga bagian akhir dari gua ini. Gua ini memiliki panjang kurang lebih 300 meter dengan aliran sungai bersahabat, cukup tenang, dan tidak terlalu banyak gelombang pada aliran sungai ini.
cukup dengan membayar tiket 30 ribu rupiah per orang, anda sudah bisa bertualang menjelajah Gua Pindul. Biaya tiket tersebut digunakan untuk menyewa ban karet, jaket pelampung serta jasa pemandu yang memandu anda menikmati keindahan pemandangan di gua ini.
Selanjutnya pemandu mulai memandu anda dengan memimpin doa sebelum melakukan perjalanan dan memberikan penjelasan tentang tata tertib yang ada. Hati-hati, mungkin ada makhluk lain yang menghuni gua ini. Gua Pindul memiliki 3 lorong, yaitu lorong terang, remang-remang, dan gelap. Pemandu membawa alat penerangan dan memberikan penjelasan tentang apa yang ada di dalam gua ini. Di dalam gua bisa anda temukan stalakmit dan staktit yang berdiri kokoh bagaikan tiang-tiang sebuah bangunan. Selain itu, di Gua Pindul terdapat hewan yang di lindungi yaitu burung seriti, walet serta kelelawar. Sedang bagian gelap Gua Pindul, ditujukan untuk konservasi kelelawar.

Harap dicatat, ditengah perjalanan menjelajah Gua Pindul akan anda temukan bagian gua yang sangat sempit sehingga antri harus bergantian untuk melalui bagian tersebut karena hanya mampu dilewati oleh satu ban karet saja. Menjelang akhir perjalanan menyusuri gua, anda akan menemukan tempat yang bisa digunakan uji nyali melompat ke air. Di sini anda akan merasakan sensasi yang menakjubkan ketika melompat dari tempat tersebut. Untuk menyusuri gua ini diperlukan waktu kurang lebih 1 jam. Jangan khawatir, satu jam tidak terasa berlalu sangat cepat karena Sang Pencipta alam akan menghipnotis anda dengan keindahan yang ada di dalam Gua Pindul ini.

Post a Comment for "Goa Pindul Obyek Wisata Kabupaten Gunung Kidul"