Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Sehat Selama Perjalanan Saat Liburan

 Melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan pesawat terbang, kereta api, maupun mobil bisa berisiko terhadap kesehatan seseorang, terutama jika orang tersebut tidak melindungi dirinya sendiri.

"Salah satu risiko kesehatan yang perlu dipertimbangkan adalah saat melakukan perjalanan, Anda duduk terlalu lama,
risiko kesehatan akibat perjalanan jauh di antaranya adalah penggumpalan darah di kaki akibat duduk terlalu lama, dehidrasi karena kekurangan asupan cairan atau terlalu banyak mengonsumsi alkohol serta tidak cukup berjalan kaki saat terjadi penundaan pemberangkatan pesawat di bandara atau stasiun kereta api. Semua kondisi itu bisa berdampak serius. "Mengemudi selama berjam-jam untuk mencapai tujuan setelah seharian bekerja dapat menyebabkan kelelahan dan gangguan mata.

Karena itu, saat bepergian dengan mobil usahakan untuk berhenti setiap beberapa jam, keluar mobil dan lakukan peregangan kaki demi menghindari terjadinya penggumpalan darah. Biarkan anak/istri Anda bermain di luar dan berlarian di tempat yang aman sehingga membantu mereka untuk membakar energi dan membuat mereka merasa lebih rileks saat kembali ke dalam mobil.

jika Anda bepergian dengan pesawat terbang, pastikan untuk melakukan peregangan di kaki Anda. Dalam perjalanan yang memakan waktu lebih dari tiga jam, berdiri dan bergerak di sekitar tempat duduk, setidaknya sekali. Udara di pesawat bisa menyebabkan dehidrasi karena itu pastikan Anda mengonsumsi cukup cairan.

Jika Anda di dalam mobil atau pesawat, jangan silangkan kaki Anda saat duduk dengan periode waktu yang lama. Pasalnya, hal ini bisa menyebabkan menghalangi peredaran darah.

Guna menghindari kondisi mengantuk saat mengemudi, pastikan Anda mempunyai waktu tidur yang cukup sehari sebelum bepergian. Jika memungkinkan, bergantian menyetir dengan orang lain. Beristirahatlah di rest area yang menyediakan pilihan makanan sehat, atau bawalah makanan sehat yang Anda buat sendiri. Berjalan kaki sebentar untuk mendapatkan udara segar dan melakukan peregangan, akan membuat Anda merasa lebih sehat. Ingatlah untuk tidak mengemudi saat Anda kurang tidur.

Adapun untuk menghindari kekakuan akibat duduk di mobil terlalu lama, para penumpang bisa melakukan peregangan sederhana dengan memanjangkan kaki dan menekuknya beberapa kali. Untuk paha dan betis, lakukan pijatan sederhana. Untuk pengemudi, bisa melakukan peregangan saat mobil berhenti.

Kelelahan mata adalah potensi masalah yang lain. Tidur sejenak bisa membantu mengatasi gejala, seperti nyeri atau iritasi mata, mata berair atau mata kering, pandangan kabur serta meningkatkan sensitivitas terhadap cahaya.
Semoga Bermanfaat.

Post a Comment for "Tips Sehat Selama Perjalanan Saat Liburan"