Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempat Wisata Religi Islam Ziarah Makam Wali Songo Dan Makam Gusdur

http://www.putraagungtravel.com/2014/04/tempat-wisata-religi-islam-ziarah-makam.html

Wali Songo merupakan sembilan orang tokoh bersejarah yang ikut andil dalam penyebaran ajaran Islam di Pulau Jawa. Para wali tersebut bukan hanya menyebarkan agama Islam semata, tetapi juga ikut aktif membangun kemajuan bagi masyarakat setempat melalui bidang pendidikan membaca dan menulis, seni budaya, dan penanaman kearifan yang bersumber dari ajaran Islam.
Banyak peninggalan bangun yang dibuat para wali sebagai salah satu bentuk siar islam. Namun setelah Wali Songo meninggal dunia, sebgai masyarakat yang ingin mengingat jasa mereka membangun tempat pemakaman yang agung dan megah bagi para wali tadi.
Makam para Wali Songo kini dijadikan kegiatan wisata keagamaan melalui kegiatan ziarah kubur.  Hampir setiap makam  yang ada Wali Songo selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai penjuru Nusantara..
Makam anggota Wali Songo berada di Pulau Jawa dan tersebar di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Perjalanan tour wisata agama dengan tujuan ziarah makam Wali Songo biasanya dilakukan secara berurutan selama 7 hari mulai dari Jawa Timur sampai Jawa Barat, maupun arah sebaliknya.
Berikut ini makam Wali Songo yang di jadikan kegaitan wisata relegi:
1. Surabaya: Makam Sunan Ampel
Makam Sunan Ampel berada di Kota Surabaya, Jawa Timur, tepatnya di Jalan Nyamplungan. Salah satu tempat wisata di Surabaya ini ramai dikunjungi warga muslim karena lokasinya yang berada di tengah kota dan didukung jalur transportasi yang lancar. Makam Sunan Ampel berada dalam kawasan wisata budaya Surabaya, berdekatan dengan area pecinan Kya Kya Kembang Jepun dan Kampung Arab.
2. Gresik: Makam Sunan Giri dan Syekh Maulana Malik Ibrahim
Kota Gresik memiliki keistimewaan memiliki dua makam anggota Wali Songo, yaitu Sunan Giri dan Syekh Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik). Makam Sunan Giri berada di puncak sebuah bukit di daerah Kebomas, sedangkan makam Syekh Maulana Malik Ibrahim berada tak jauh dari alun-alun Kota Gresik, Jawa Timur. Keduanya menjadi daya tarik wisata di Kota Gresik.
3. Lamongan: Makam Sunan Drajat
Sunan Drajat dimakamkan di daerah Paciran, Lamongan, Jawa Timur. Tempat wisata di Lamongan tersebut berada pada bukit dengan dikelilingi pepohonan yang luas. Untuk pengenalan sejarah budaya bagi dunia pendidikan, di sekitar makam Sunan Drajat dibangun Museum Sunan Drajat dan bisa diakses masyarakat umum secara gratis.
4. Tuban: Makam Sunan Bonang
Makam Sunan Bonang memiliki beberapa versi cerita. Ada yang mengatakan Sunan Bonang dimakamkan di 3 lokasi, yaitu Rembang, Tuban, dan Pulau Bawean. Namun sebagian besar ulama dan ahli sejarah setuju bahwa makam asli Sunan Bonang berada di kota Tuban, Jawa Timur. Makam tersebut berada di sebelah barat Masjid Agung Tuban, tepat di salah satu sisi alun-alun Kota Tuban.
5. Jepara: Makam Sunan Muria
Makam Sunan Muria berada tepat di puncak Gunung Muria. Sebelum mencapai obyek wisata tersebut, wisatawan harus menguji mental dan fisik untuk melewati jalur mendaki dan terjal menuju lokasi makam. Namun kini sudah ada layanan ojek yang mendukung wisata ini.
6. Kudus: Makam Sunan Kudus
Sesuai namanya, makam Sunan Kudus berada di Kota Kudus, Jawa Tengah. Lokasi makam tak jauh dari Masjid Kudus yang memiliki menara mirip bangunan candi Hindu. Salah satu tempat wisata di Jawa Tengah ini ramai dikunjungi wisatawan yang ingi berziarah
7. Demak: Makam Sunan Kalijaga
Kota Demak bukan hanya terkenal dalam bidang sejarah budaya karena pernah berdiri Kerajaan Islam Demak. Disana juga terdapat makam Sunan Kalijaga. Lokasi makam Sunan Kalijaga sendiri agak ke daerah pinggiran kota Demak.  Inilah salah satu obyek wisata di Jawa Tengah yang memiliki nuansa Jawa yang sangat kental.
8. Cirebon: Makam Sunan Gunung Jati
Makam Sunan Gunung Jati, salah satu makam Wali yang berada di Jawa Barat. Lokasi makam berada di salah satu daerah di kota Cirebon, Jawa Barat. Makam Sunan Gunung Jati berhiaskan ornamen dan piring antik dari China. Menurut sejarah yang beredar di masyarakat, Sunan Gunung Jati semasa hidupnya pernah menikahi Putri Ong Tien dari China sehingga budaya Tiongkok tampak dalam peninggalan sejarah di Cirebon.
9.  Jombang: Makam Gus Dur.
http://www.putraagungtravel.com/2014/04/tempat-wisata-religi-islam-ziarah-makam.html
Jombang - Makam mantan Presiden RI, KH Abdurrahman Wahid, sebenarnya tidak berbeda dengan makam lainnya, termasuk makam kakeknya, KH Hasyim Asya'ri, yang berada di lingkungan kompleks Ponpes Tebu Ireng, di Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Jatim).

Kesamaan makam yang ada di pemakaman tersebut, semua kijingnya tidak dilengkapi dengan nama penghuninya, yang biasa dijumpai di pemakaman umum. Hanya sedikit yang membedakan makam Gus Dur dengan makam lainnya yang memudahkan peziarah mengenali yaitu di pusaranya dipenuhi bunga-bunga.

baca juga yang lain:
Tempat Wisata Kota Surabaya
Tempat Wisata Kota Solo
* Tempat Wisata Kota Yogyakarta
* Tempat Wisata Kota Semarang

3 comments for "Tempat Wisata Religi Islam Ziarah Makam Wali Songo Dan Makam Gusdur"

  1. Walisongo, meski hanya sembilan, mampu mengislamkan Nusantara, karena mampu mempertahankan kearifan lokal.

    ReplyDelete
  2. PEMESANAN VIA SMS :
    KIRIM SMS ANDA
    KE NO : 0812 1718 1848
    FORMAT SMS :
    NAMA - ALAMAT JEMPUT - NO.HP - JUMLAH ORANG - TGL. KEBERANGKATAN(PAGI/MALAM) - KOTA TUJUAN
    ( Contoh : Heru - Jln. A. Yani no 1, Surabaya - 081234XXX - 2 org - 01 Jan 2016 Malam - Jogjakarta ).

    Apabila tidak ada balasan konfirmasi dari kami silahkan hubungi
    HOTLINE : 0812 1718 1848 ( Call )

    sms boking dianggap sah apabila sudah ada balasan & konfirmasi kesepakatan antara pihak travel & penumpang.

    ReplyDelete
  3. jos, semoga makin banyak jamaah yg ziaroh kesana

    ReplyDelete