728x90 AdSpace

Latest News

Sabtu, 19 April 2014

Tempat Wisata Kota Magetan

  Kabupaten Magetan, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa TimurIndonesia. Ibukotanya adalah Magetan. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Ngawi di utara, Kota Madiun dan Kabupaten Madiun di timur, Kabupaten Ponorogo, serta Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Wonogiri (keduanya termasuk provinsi Jawa Tengah).
 Kabupaten Magetan dilintasi jalan raya utama Surabaya-Madiun-Yogyakarta dan jalur kereta api lintas selatan Pulau Jawa, namun jalur tersebut tidak melintasi ibukota Kabupaten Magetan. Satu-satunya stasiun yang berada di wilayah kabupaten Magetan adalah Stasiun Barat terletak di wilayah Kecamatan Barat
  Gunung Lawu terdapat di bagian barat Kabupaten Magetan, yakni perbatasan dengan Jawa Tengah. Di daerah pegunungan ini terdapat Telaga Sarangan, salah satu tempat wisata andalan kabupaten ini, yang berada di jalur wisata Magetan-Sarangan-Tawangmangu-Karanganyar. Magetan dikenal karena kerajinan kulit (untuk alas kaki dan tas), anyaman bambu, rengginan, dan produksi jeruk pamelo (jeruk bali) serta krupuk lempengnya yang terbuat dari nasi.
  Bagi anda yang sedang berlibur dan merencanakan liburan dengan mengunjungi Tempat Wisata di Kota Magetan Jawa Timur, tidak ada salahnya mencoba merasakan liburan wisata seperti Tempat Wisata Kota MadiunTempat Wisata Kota SurabayaTempat Wisata Kota SoloTempat Wisata Kota YogyakartaTempat Wisata Kota Semarang,Tempat Wisata Kota SalatigaTempat Wirsata Kota Malang Dan Batu yang tak kalah menarik, semoga suasana wisata anda sangat menyenangkan.
baca juga tips: Kemudahan Menggunakan Biro Perjalanan.
Berikut adalah tempat Wisata dikota Magetan:


  1.Telaga Sarangan.
Telaga Sarangan yang juga dikenal sebagai telaga pasir ini adalah sebuah telaga alami yang terletak di kaki Gunung Lawu Magetan. Berjarak sekitar 16 kilometer arah barat kota Magetan. Telaga ini luasnya sekitar 30 hektar dan berkedalaman 28 meter. Dengan suhu udara antara 18 hingga 25 derajat Celsius, Telaga Sarangan mampu menarik ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya.
Obyek wisata Telaga Sarangan ini juga merupakan obyek wisata andalan Magetan

Fasilitas dari Obyek wisata Telaga Sarangan antara lain : Hotel/Penginapan Berbintang sampai kelas melati, dan pondok wisata. Di samping puluhan kios cendera mata, pengunjung dapat pula menikmati indahnya Sarangan dengan berkuda mengitari telaga, atau mengendarai kapal cepat/speed boat. Fasilitas obyek wisata lainnya pun tersedia, misalnya rumah makan, tempat bermain, pasar wisata, tempat parkir, sarana telepon umum, tempat ibadah, dan taman.

  2.Telaga Wahyu.
Telaga ini tak kalah menarik dari Telaga Sarangan,dengan jarak +- 2 km ke arah timur dari Sarangan, anda akan di suguhkan pemandangan yang indah yaitu Telaga Wahyu atau masyarakat sekitar menyebutnya Telaga Wurung. Di telaga ini sengaja ditebari berbagai macam ikan untuk disediakan bagi mereka yang gemar memancing, sehingga tempat ini merupakan tempat pemancingan dan sering pula dimanfaatkan untuk berkemah. 
Telaga Wahyu memiliki luas sekitar 10 hektar, dengan kedalaman 16 M. Selain menjadi tempat pemancingan, telaga ini juga sangat nyaman dengan udara yang sejuk dan alami, sehingga cocok untuk dijadikan tempat rekreasi keluarga.
Fasilitas di lokasi wisata ini antara lain : gazebo, warung makan, becak air, parkir dan toilet. Jadi tak ada salahnya jika berwisata bersama teman dan keluarga di Telaga Wahyu ini.

  3.Air Terjun Pundak Kiwo.
Wisata air terjun ini merupakan bagian dari kawasan obyek wisata Air Terjun yang sedang dikembangkan oleh pemerintah Kabupaten Magetan. Air Terjun Pundak Kiwo teletak di bagian paling atas rangkaian air terjun di desa Ngancar dan merupakan air terjun tertinggi dengan ketinggian sekitar 45 meter. Diapandang dari bawah, letak air terjun ini berada pada sisi kiri lereng gunung lawu, sehingga terkenal disebut Pundak Kiwo.
Fasilitas dari wisata indah ini adalah : Toilet,Gazebo,tempat parkir roda dua.

  4.Air Terjun Tirtasari.
Obyek wisata AirTerjun Tirtosari memiliki ketinggian terjunan sekitar 50 meter, mengalir turun ke bawah melalui celah yang diapit oleh batu-batu terjal. 
Di lokasi air terjunnya sudah dibangun dua anak tangga dari beton sehingga mudah dilewati oleh para pengunjung. Air terjun ini berada di ketinggian 1200 m dpl. Berjarak kira-kira 2,5 Km sebelah barat daya dari Telaga Sarangan, lokasi wisata ini dapat ditempuh dengan mobil atau motor sejauh 1,5 km, selebihnya harus ditempuh dengan berjalan kaki atau naik kuda sekitar 1 km. 
Akses jalan setapak untuk menuju air terjun ini termasuk mudah dilewati karena sudah dibangun dengan baik. Hanya saja, ketinggian tanjakan dan tingkat kemiringan bukit yang cukup terjal sehingga menguras banyak tenaga saat melewatinya. 

  5.Taman Ria Maospati.
Taman Ria Maospati atau biasa di kenal dengan Taman Ria Kosala Tirta, terletak di Desa Pandean Kecamatan Maospati Magetan. Kolam renang yang bersih, lingkungan yang rindang ditunjang dengan adanya permainan anak-anak, kosala tirta ini juga merupakan salah satu tujuan wisata keluarga. Di lokasi ini juga sering diadakan konser musik pada hari libur. Selain itu di lokasi ini juga merupakan tempat oto bursa kendaran second. Lokasi obyek wisata di Magetan ini cukup mudah di tempuh karena lokasinya yang dekat sama Jalan Raya.

  6.Taman Ria Manunggal Magetan.
Obyek wisata ini berada sekitar 1 km dari kota Magetan, atau berada tepat di depan Gedung DPRD Magetan, dengan wahana utama tempat bermain anak-anak, kolam renang dan rumah makan yang menjual makanan khas magetan, menjadikan tempat ini lebih asyik dan menarik bagi pengunjung untuk menikmati liburan.
Fasilitas di tempat wisata ini yaitu tempat parkir yang luas, warung makan dan tempat ibadah. Bagi warga Magetan yang tak ingin jauh jauh mencari tempat wisata, Taman Ria Manunggal lah salah satu alternatifnya, karena lokasinya yang berada di dalam kota Magetan.

  7.Cemorosewu.
Obyek wisata Cemoro Sewu ini berada di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Selama di perjalanan untuk menuju ke lokasi ini anda akan di suguhkan kesejukan dan dinginnya cuaca alami serta pemandangan yang eksotik. Anda juga bisa menikmati kabut yang sering menyelimuti kawasan Cemoro Sewu yang datang tak terduga. Selain itu para pedagang makananan serta minuman juga terlihat di tepi jalan. Mereka menjual makanan seperti jagung bakar, sate kelinci dan berbagai minuman. Tak heran jika setiap hari, terlebih di hari Sabtu dan Minggu kawasan Cemoro Sewu banyak dikunjungi wisatawan. Jika anda penyuka buah strawberry, kawasan Cemoro Sewu menyediakan buah yang di sukai kawula muda ini..
Bahkan, anda bisa membeli dengan cara memetik sendiri strawberry dari kebunnya. Harganya pun bervariasi antara Rp.5.000 sampai Rp.25.000. Wah pasti asyik kan jika menikmati liburan di tempat ini bersama orang kesayangan anda.

  8.Jalan Tembus Sarangan.
Jalan Tembus atau masyarakat sekitar lebih familiar dengan menyebut JT, sebenarnya adalah jalan lintas antara Kabupaten Magetan dan Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Namun di sepanjang jalan ini terdapat warung warung yang berjajar di tepi jalan. Di lokasi ini anda akan di suguhkan pemandangan yang alami dan eksotis. Anda dapat melihat Telaga Sarangan dari warung makan di tempat ini. Pasti asyik kan kita sambil santai bersama teman teman dan menikmati teh hangat dengan pemandangan yang indah dan udara yang segar. Pada hari libur tempat ini ramai pengunjung yang kebanyakan dari kalangan kawula muda.

  9.Banyu Biru Magetan.
Obyek wisata di Magetan yang satu ini berlokasi di Jalan Raya Maospati - Magetan tepatnya di Tinap, Sukomoro, Magetan. Wahana wisata taman rekreasi ini sangat mudah untuk di temukan, karena berada di pinggir jalan. Di hari libur banyak pengunjung mendatangi tempat ini, hingga parkiran penuh dan harus mengantri untuk masuk ke wahana ini.
Banyu Biru mempunyai fasilitas yang cukup lengkap, dari tempat pertemuan, pemancingan, arena bermain anak, gedung pemutaran film, tempat olah raga (bulu tangkis dan tenis meja), warung makan dan lain-lainya. 

  10. Alun-Alun Magetan.
Dan yang terakhir dari tempat wisata yang cocok untuk tahun baruan di Magetan yaitu Alun alun Magetan. Alun alun yang merupakan jantung kota ini sangat cocok pula untuk anda kunjungi bersama teman teman dan keluarga anda. Di samping udaranya yang sejuk karena di tumbuhi pohon yang hijau dan rimbun, di timur alun alun juga terdapat PUJASERA atau pusat jajanan selera rakyat.

  Itulah beberapa Tempat Wisata di Kota Magetan Jawa Timur, tidak ada salahnya mencoba merasakan liburan wisata seperti Tempat Wisata Kota SurabayaTempat Wisata Kota SoloTempat Wisata Kota YogyakartaTempat Wisata Kota Semarang,Tempat Wisata Kota SalatigaTempat Wirsata Kota Malang Dan Batu yang tak kalah menarik, semoga suasana wisata anda sangat menyenangkan, Selamat berlibur.
baca juga tips: Kemudahan Menggunakan Biro Perjalanan.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Tempat Wisata Kota Magetan Rating: 5 Reviewed By: Heru Atmadja
Scroll to Top